Kini dengan zaman yang serba canggih ini pasti Anda bingung dalam menentukan memakai layanan hosting, karena banyak pilihan layanan hosting yang menawarkan harga serta spesifikasi yang berbeda. Memilih layanan hosting merupakan tindakan yang wajar, sebab Kita harus pilih mana layanan hosting yang bagus. Untuk itu ketahui terlebih dahulu mengenai perbedaan cloud hosting, share hosting, dan server VPS.

Sebelum memilih salah satu layanan hosting yang akan digunakan. Anda harus mengetahui secara detail mengenai perbedaan cloud hosting, share hosting, dan server VPS. Pasalnya jika Anda tidak memahaminya, kemudian langsung layanan hosting maka dapat menyebabkan kekecewaan apabila tidak cocok.

Lantas bagaimana caranya mengetahui perbedaan cloud hosting, share hosting, dan server VPS? Tenang saja, Anda bisa mengetahui tentang macam-macam layanan hosting beserta perbedaannya disini.

Daftar Isi

Apabila Anda mencari macam-macam layanan hosting di google, beberapa detik kemudian muncul beberapa layanan hosting yang disediakan oleh beberapa perusahaan. Layanan hosting yang sering Kita temui adalah cloud hosting, share hosting, dan server VPS. Anda bisa mengetahui penjabaran mengenai perbedaan cloud hosting, share hosting, dan server VPS pada berikut ini :

 **1. Cloud Hosting** 

httpsidcloudhost.com/wp-content/uploads/2019/11/1-Layanan-Cloud-Hosting-Murah-Handal-Indonesia-IDCloudHost.png

Cloud hosting merupakan web hosting yang menggunakan aneka macam server untuk memaksimalkan uptime sekaligus menjaga loading agar tetap stabil. Cloud hosting memakai single server namun memungkin website Anda dapat mengakses cluster, selain itu Anda dapat memakai resource pool terpusat. Cloud hosting menjaga kestabilan, apabila ada satu server gagal maka Anda dapat menjalankan website dengan server lainnya tanpa ada gangguan.

Cloud hosting adalah layanan hosting yang sering digunakan. Alasannya karena memiliki beberapa keunggulan yang membuat pengguna semakin puas. Dapat dikatakan bahwa keunggulan sloud hosting sangat berbeda dengan layanan lainnya.

Beberapa kelebihan cloud hosting yang harus diketahui pengguna yaitu Anda bisa memiliki cloud cluster sendiri, resource pribadi, memfokuskan uptime, memudahkan pengguna dalam melakukan scaling, serta bisa mendapatkan alamat IP dedicated. Tidak hanya keunggulan yang dimiliki cloud hosting tetapi ada juga kelemahannya.

Beberapa kelemahan cloud hosting yaitu keamanan server kurang terjamin, kerahasiaan data pribadi pengguna tergantung pada penyedia server, dan banyak terjadi penyelewengan penggunaan data yang dapat diakses oleh orang lain.

Cloud hosting memiliki arsitektur yang memakai dua pendekatan. Diantaranya yaitu pendekatan terpusat dan pendekatan distribusi. Pendekatan terpusat yaitu satu server menaungi website dalam jumlah banyak dibawahnya. Sedangkan pendekatan distribusi yaitu website didistribusikan ke beberapa server, jika terjadi kendala pada server satu maka website dapat menggunakan server lainnya.

Biasanya cloud hosting bisa digunakan untuk pembuatan website perusahaan, toko ecommerce, proyek trafik tinggi, dan situs lead generation.

Baca Juga : Tips Memilih Hosting yang Sesuai untuk Website Anda

httpsidcloudhost.com/wp-content/uploads/2019/11/Shared-Hosting-6.jpg

Perbedaan cloud hosting, share hosting dan server VPS, telah selesai dibahas yang cloud hosting. Selanjutnya Kita akan membahas shared hosting. Server yang langsung terkoneksi ke layanan internet, lalu dipakai secara bersama dengan pengguna hosting dinamakan dengan shared hosting. Misalkan dalam satu web hosting dapat ditempati oleh beberapa pemilik domain.

Penggunaan shared hosting dapat menghemat biaya pembuatan website, karena bersifat berbagi.

Tahukah Anda bahwa shared hosting menawarkan dua pilihan layanan. Pertama yaitu layanan shared limited, sebuah paket hosting yang memberikan batasan sumber daya bandwith dan ruang hardisk kepada pengguna. Sedangkan layanan kedua yaitu shared unlimited, paket shared hosting yang tidak membatasi penggunaan bandwith ataupun hardisk.

Shared hosting mempunyai kelebihan yang ditawarkan kepada penggunanya. Keuntungan yang ditawarkan yaitu shared hosting tidak memerlukan biaya yang besar, dapat digunakan untu website bisnis, dan cocok digunakan oleh pemilik website pemula. Selain kelebihan, share hosting memiliki kekurangan. Kekurangannya yaitu website sering down.

 **3. Server VPS** 

httpsidcloudhost.com/wp-content/uploads/2019/11/1-Layanan-Virtual-Private-Server-VPS-SSD-VPS-Hybrid-Indonesia-IDCloudHost.png

VPS (Virtual Private Server) merupakan layanan hosting yang banyak digunakan oleh pengguna website. Layanan hosting VPS memakai virtual teknologi sehingga resource dedicate yang digunakan sangat pribadi, jadi hanya dipakai hanya satu pengguna saja. VPS adalah layanan hosting yang sangat aman dibandingkan dengan shared hosting. Jika Anda ingin memakai hosting terbaik, sebaiknya memilih server hosting.

Kelebihan VPS hosting ada banyak, diantaranya yaitu fleksibel (bisa menginstal aplikasi software ke VPS menyesuaikan kebutuhan pengguna), pengguna memiliki izin mengakses ROOT sepuasnya, menawarkan garansi resource (RAM, space dan CPU), dan bisa memakai WP Robot tanpa ada yang melarang.

VPS hosting memang memiliki kelebihan yang banyak namun bukan berarti layanan hosting ini sempurna. Sebenarnya VPS juga memiliki kekurangan, diantaranya yaitu biaya VPS hosting mahal, semakin besar resource yang dibutuhkan maka Anda harus memngeluarkan banyak uang, dan adanya perbedaan VPS pada pengguna windows atau Linux. Oleh sebab itu, sebelum membeli VPS pastikan Anda memahami cara menggunakannya pada sistem operasi windows maupun Linux. IDcloudHost menyediakan Layanan VPS IDCLoudHost yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan.

Baca Juga : Panduan Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Terbaik

 **Kesimpulan dan Penutup ** 

Nah itulah perbedaan cloud hosting, shared hosting dan server VPS yang perlu diketahui. Jika Anda mengetahui pengertian cloud hosting, shared hosting serta VPS maka bisa menentukan pilihan dengan tepat. Anda juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh setiap layanan hosting.

Apakah Anda sudah menentukan, manakah layanan hosting yang tepat untuk digunakan? Saran bagi Anda, pilihlah layanan hosting yang aman, menjadi kelancaran website Anda dan dapat menjaga kestabilan pengguna server supaya tidak lemot. Ada untungnya ternyata mengetahui perbedaan cloud hosting, shared hosting, dan server VPS. Anda jadi tahu untuk memilih hosting yang tepat.

Anda dapat menggunakan Layanan Hosting IDCloudHost yang sudah memiliki sertifikasi SSL dengan harga terjangkau.